http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Wednesday 8 January 2014

Manfaat Dan Fungsi Protein Bagi Tubuh

Manfaat Protein Bagi Tubuh Manusia sudah tentu sangatlah Fital sekali, Sebelum kita Membahas fungsinya akan lebih baik jika kita memahami dahulu apa sih itu Protein. Protein berasal dari Kata Yunani PROTOS yang artinya yang paling utama, Merupakan senyawa organik Komplek yang berbobot Molekul tinggi dimana merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. di dalam Protein terkandung  karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor, Nah Oleh karena itu Protein tentu sudah sangat lah penting bagi Perkembangan Tubuh Mahluk Hidup.

Manfaat Protein
ilustrasi Sumber Protein

Setelah mengetahui Apa itu Protein dan seberapa Penting Protein itu sendiri, maka tidak mengerankan jika kita kekurangan Protein akan timbul banyak gejala yang dapat menyebabkan tubuh kita menjadi Tidak setabil dan sudah barang tentu akan di Hinggapi banyak sekali penyakit, di antaranya adalah pertumbuhan tidak maksimal, rambut rontok, perubahan warna kulit, penyembuhan luka yang sangat lama, masalah pencernaan, kurang cairan, kerusakan pada liver dan penurunan kekebalan tubuh.

Fungsi Utama Protein Dalam Kehidupan Sehari-hari
Fungsi utama protein adalah untuk pembentukan otot dan sel-sel di dalam tubuh. Protein ini nanti akan menjadi makanan untuk otot agar tetap tumbuh berkembang. Apabila otot yang terbentuk tetap terpelihara dengan baik, maka ia akan membantu tubuh memaksimalkan pembakaran lemak sehingga berat badan tetap seimbang.

Manfaat Protein Bagi Tubuh Manusia

1. Sebagai enzim
Protein memiliki peranan yang besar untuk mempercepat reaksi biologis.

2. Sebagai alat pengangkut dan penyimpan.
Protein yang terkandung daam hemoglobin dapat mengangkut oksigen dalam eritrosit.Protein yang terkandung dalam mioglobin dapat mengangkut oksigen dalam otot.

3. Untuk penunjang mekanis
Salah satu protein yang berbentuk serabut yang disebut kolagen memiliki fungsi untuk menjaga kekuatan dan daya tahan tulang dan kulit.

4. Sebgai pertahanan tubuh dan imunisasi pertahanan tubuh
Proteun ini biasa digunakan dalam bentuk antibodi

5. Sebaga Media perambatan impuls syaraf

6. Sebagai pengendalian pertumbuhan
Jika kekurangan protein,bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan pada anak-anak.

7. Membentuk jaringan pada tubuh dengan kandungan asam aminonya

8. Mencegah penyakit kwashiorkor dan marasmus
Dimana kedua penyakit ini diakibatkan oleh kekurangan protein.

9. Asupan protein yang cukup juga dapat membantu dalam proses penyembuhan luka, regenerasi sel hingga mengatur kerja hormon dan enzim dalam tubuh.

Sangat Banyak sekali Manfaat Dari Protein ini, dan setelah anda mengetahui Fungsi dan Klasifikasi dari Protein ini tentu anda bertanya tanya pada blog Kesehatan mengenai Suber dari protein yang bisa kita dapatkan, Nah super Protin dapat kita dapatkan pada Daging, Susu, Telur, Ikan, Tumbuhan Berbiji, Suku Polong polongan, Kentang dan Juga yang lainya, Nah mulai sekarang mari kita perbanyak makanan yang mengandung Protein. :)
Rating: 4.5