http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Wednesday 18 April 2018

13 Khasiat Buah Kurma yang Luar Biasa

13 Khasiat Buah Kurma yang Luar BiasaBeberapa khasiat dari buah kurma adalah bisa mengatasi gangguan pencernaan, konstipasi, anemia, diare, masalah jantung, disfungsi seksual, kanker abdomen, dan beberapa gangguan lainnya. Kurma diketahui bisa menambah bobot badan juga. Kurma mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral. Pantas saja memiliki khasiat yang banyak karena kandungan yang terdapat pada buah kurma baik bagi kesehatan, seperti magnesium, tembaga, mangan, fosfor, potassium, zat besi, sulfur, minyak, dan kalsium. Menurut beberapa ahli mengatakan, untuk pola makan yang seimbang dan sehat, satu buah kurma baik untuk dikonsumsi perharinya.

Khasiat yang terdapat dalam buah kurma diantaranya untuk mengatasi:

1. Diare

Karena kurma gampang untuk ditelan, maka baik untuk membantu meringankan diare kronis. Serat yang larut pada buah kurma juga dapat membantu dalam penyembuhan diare. Kinerja usus dibantu dan dipromosikan ke fungsi sistem pembuangan yang sehat dan normal.

2. Gangguan Usus
Nikotin yang terkandung dalam buah kurma diketahui bermanfaat untuk penyembuhan beragam gangguan usus. Serat yang larut dan tidak larut dan asam amino yang terkandung dalam buah kurma membuat pencernaan makanan distimulasi dan membuatnya lebih efisien, sehingga mampu menyerap nutrisi lebih banyak. Dengan demikian nutrisi masuk ke dalam tubuh untuk digunakan dengan benar.

3. Konstipasi

Buah Kurma sering dijadikan sebagai pencuci mulut sehabis kita makan. Ini juga salah satu alasan kenapa buah kurma sering dikonsumsi untuk mengatasi konstipasi yang diderita. Karena kandungan serat kurma yang tinggi, maka sangat baik untuk melancarkan buang air besar, yang mana gejala konstipasi dapat disembuhkan. Tips untuk mendapatkan efek dari pencuci mulut tersebut, yakni bisa dengan merendam kurma dalam air semalaman. Lalu makanlah kurma yang telah direndam sehingga hasil yang optimal bisa didapatkan.

4. Menaikkan Berat Badan
Kurma seringkali dimasukkan dalam pola makan sehat. Yang terkandung di dalam buah kurma seperti protein, gula, dan vitamin baik lainnya. Jika mengonsumsi buah kurma dengan adonan timun, maka kita bisa menjaga berat tubuh untuk tetap ideal, seimbang, dan badan yang tidak begitu kurus. Kalori yang terkandung pada kurma telah cukup dalam memenuhi kebutuhan tubuh manusia setiap harinya. Sangat penting mengonsumsi buah kurma, jika memiliki tubuh yang kurus dan ingin menambah bobot badan. Begitupun kalau tubuh memiliki masalah medis yang serius dan membuat tubuh menjadi lemah, kurma bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Alergi
Kandungan sulfur yang dimiliki buah kurma merupakan salah satu aspek unik yang dimilikinya. Elemen ini tidak umum ditemukan pada makanan, tapi terdapat manfaat bagi kesehatan. Seperti meminimalisir reaksi alergi dan alergi yang datangnya musiman. Kontribusi sulfur yang asalnya dari buah kurma dapat mengurangi efek yang terjadi karena alergi musiman.

6. Kanker Abdomen
Berdasarkan penelitian kurma menunjukkan dapat mengurangi risiko dan dampak yang ditimbulkan oleh kanker abdomen. Kurma berkhasiat sebagai tonik bagi seluruh golongan umur. Dalam beberapa kasus, kurma dapat berkhasiat lebih baik daripada berobat secara tradisional dan alami. Dengan demikian tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh kita. Energi bisa di dapat

7. Kekuatan Tulang

Tingginya mineral yang terkandung pada kurma membuat kurma sebagai makanan yang luar biasa, selain dapat melawan penyakit berupa osteoporosis juga untuk menguatkan tulang. Kandungan kurma seperti magnesium, selenium, mangan, dan tembaga adalah komponen untuk tulang kuat dan bertumbuh. Apalagi untuk mereka yang sudah tidak muda lagi dan tulang mulai rapuh, konsumsilah kurma untuk merasakan khasiat dari kurma untuk kesehatan tulang Anda.

8. Menurunkan Kolesterol
Tahukah Anda kalau salah satu khasiat kurma yakni membantu menurunkan kadar kolesterol karena kandungan lemak pada kurma yang sedikit. Jika mengonsumsi tidak terlalu banyak dalam program diet harian, maka kurma dapat mengontrol kolesterol Anda, bahkan baik bagi yang ingin menurunkan berat badan.

9. Menyembuhkan Anemia
Kandungan mineral yang sangat tinggi pada kurma, memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Kurma dapat dijadikan sebagai suplemen diet bagi penderita anemia karena terkandung zat besi yang tinggi. Pasien anemia yang kekurangan zat besi dapat diseimbangkan karena kurma mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi yang tinggi tentu saja dapat membangkitkan tenaga dan energi. Dan secara otomatis juga mengurangi rasa lesu dan lelah.

10. Rabun Senja


Khasiat buah kurma memang sangatlah banyak dan sering dipakai dalam mengobati situasi yang terkait dengan telinga, hidung, dan tenggorokan. Kalau menumbuk daun palem dari kurma dan diolesi pada area mata atau ketika mengonsumsi kurma, terbukti dapat meminimalisir frekuensi rabun senja. Cara ini sering dipakai sebagai pengobatan tradisional dan sering digunakan di daerah pedesaan yang terdapat kurma.

11. Mengatasi Mabuk
Mabuk karena alkohol dapat diatasi dengan buah kurma sebagai obatnya. Kurma memberikan perasaan lega dalam waktu yang cepat dan menyadarkan jika sedang berada di bawah pengaruh alkohol dalam jumlah yang banyak. Jika Anda merasa pening karena mabuk keesokan harinya, maka Anda dapat menggunakan kurma untuk mengatasi hal tersebut. Untuk hasil yang maksimal dapat dengan menghaluskan lalu merendam buah kurma selama semalam.

12. Meningkatkan Energi
Glukosa, fruktosa, dan sukrosa merupakan kandungan gula alami dari buah kurma. Karena itu menjadikan kurma sebagai camilan sangat baik untuk mendapatkan tambahan energi yang cepat. Banyak dari penduduk dunia yang telah mengonsumsi kurma sebagai camilan di sore hari untuk mengatasi rasa letih dan ngantuk mereka.

Nilai gizi yang sangat kompleks terkandung pada buah kurma. Kandungan gula alaminya dapat memberikan energi tambahan untuk tubuh. Selain itu juga mengandung protein, air, serat, dan lemak jenuh yang sedikit sekali. Selain gizi, begitu juga vitamin yang terkandung sangatlah kompleks, seperti vitamin A, B1, B2, B6, dan C. Dan berbagai asam organik dan mineral lainnya, maka akan sangat disayangkan jika buah kurma tidak termasuk dalam menu harian Anda. Karena khasiat dari buah kurma sekarang sudah Anda ketahui.

Baca:
Rating: 4.5