http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Saturday 10 May 2014

Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Cempedak

Manfaat Buah Cempedak - Hallo teman-teman Rasanya sudah lama sekali ya aku tidak mengupdate Informasi di blog tercinta ini, yup hal ini karena banyaknya kegiatan yang harus di jalani, tapi aku gak mau Curhat,hehe. Karena tugas ku di sini untuk sebagai pemberi informasi kepada teman-teman yang membutuhkan, Jika sebelumnya aku udah berbagi mengenai Manfaat buah melinjo, maka kesempatan kali ini aku akan berbagi mengenai buah yang masih bersaudara dengan buah nangka ini, yup kadang orang juga masih menyebutnya dengan Nangka Cempedak.

Manfaat Buah Cempedak
Ilustrasi Buah Cempedak
Buah Cempedak merupakan tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian. tanaman ini di percaya berasal dari  Asia Tenggara, dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara: Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Juga banyak didapati di Jawa bagian barat. Nah sebelum kita melihat manfaat dari Cepedak silahkan di simak dahulu, Kandungan Gizi dari Cempedak di bawah ini.

Komposisi zat gizi nangka dan cempedak per 100 gram
Zat gizi Nangka masak Nangka muda Cempedak
Energi (kkal) 106 51 116
Protein (g) 1,2 2,0 3,0
Lemak (g) 0,3 0,4 0,4
Karbohidrat (g) 27,6 11,3 28,6
Kalsium (mg) 20 45 20
Fosfor (mg) 19 29 30
Zat besi (mg) 0,9 0,5 1,5
Vit A (SI) 330 25 200
Vit B1 (mg) 0,07 0,07 0
Vit C (mg) 7 9 15
Air (g) 70,0 85,4 67,0
Sumber: Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (1992)

Nah Untu Manfaat Buah Nangka Silahkan di simak di bawah ini ya.

Cempedak mempunyai nilai energi cukup tinggi, yaitu 116 kkal per 100 gram. Nilai energi pada nangka masak 106 kkal per 100 gram.

Tingginya kadar energi pada cempedak berkaitan dengan nilai karbohidratnya yang mencapai 28,6 g per 100 g. Bagi yang sedang berdiet rendah lemak, cempedak dapat jadi pilihan karena kadar lemaknya sangat rendah, yaitu 0,4 g per 100 g.

Seperti nangka, kadar air cempedak cukup tinggi. Fungsi air di dalam tubuh bukan sekadar untuk menghilangkan dahaga, juga untuk mengurangi risiko stroke.

Dalam mengonsumsi air minum, kita jarang memedulikan berapa gelas yang seharusnya kita habiskan selama satu hari agar sesuai kebutuhan hidup. Kita biasanya hanya minum kala haus atau sehabis makan.

Padahal, persediaan air yang cukup dalam tubuh sangat dibutuhkan oleh organ-organ dalam menjalankan tugasnya sebagai bagian dan sistem hidup kita.

Itu sebabnya mengonsumsi buah yang kaya air (seperti cempedak), sangat penting untuk membantu jumlah asupan air ke dalam tubuh.

Air dalam tubuh sangat vital perannya dalam proses pencernaan dan metabolisme. Dalam kedua proses tersebut, air akan mengangkut vitamin dan oksigen untuk memberi makan sel-sel tubuh melalui darah.

Penelitian Prof. DR. Frank Yatsu dari Universitas Houston, Texas, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa asupan air yang cukup akan membantu mengencerkan darah, sehingga memperlancar suplai oksigen ke otak dan mencegah risiko stroke.

Oke Baiklah sampai di sini dahulu ya artikel kali ini, jika teman-teman masih memiliki pertanyaan silahkan saja tinggalkan pertanyaan teman-teman di kotak komentar, aku mau cabut dulu, melanjutkan aktifitas, Sampai ketemu lagi di artikel berikutnya ya teman-teman, salam persahabatan.
Rating: 4.5