http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Tuesday 29 April 2014

Manfaat Dan Khasiat Buah Mentimun Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mentimun - Khasiat dari buah yang satu ini sangatlah luar biasa, tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya, oleh karenanya pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membagikan artikel mengenai Khasiat buah mentimun ataupun buah Timun, sebenarnya ada banyak banget manfaat yang terkandung dalam buah ini, akan tetapi aku tidak akan membahasnya semuanya di sini, karena nanti akan menjadi sangat panjang dan tidak nyaman di baca, Jadi aku Ambil yang umum aja ya.

Manfaat Buah Mentimun
Ilustrasi Buah Mentimun

Nah teman-teman udah membaca artikel sebelumnya yang udah aku bagikan yakni Tips Menjaga Tubuh, sekarang kita langsung lanjut aja ya ke Topik pembicaran mengenai Kandungan yang ada di buah mentimun ini, silahkan simak di bawah ini.

Manfaat Buah Mentimun Untuk Kesehatan
  1. Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram .Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. Menkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis.
  2. Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.
  3. Juga memiliki atribut penyembuhan bagi kondisi yang ada kaitannya dengan penyakit kandung kemih dan ginjal. Kandungan air dalam mentimun yang membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.
  4. Masalah pencernaan seperti mulas, asam lambung, gastritis dan bahkan tukak lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rutin mentimun atau jus mentimun. Enzim yang disebut
  5. Erepsin dalam ketimun juga membantu dalam pencernaan protein.
  6. Tidak hanya dagingnya, bijinyapun juga sangat bermanfaat. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus. Biji juga memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan .
  7. Metimun adalah salah satu sumber kalium (potassium) terbaik, yaitu mengandung 147 miligram kalium per 100 gram. Senyawa Elektrolit yang ramah jantung ini bermanfaat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi denyut jantung dengan meminimalkan efek natrium.
  8. Metimun mengandung antioksidan seperti B karoten, karoten, zea – xanthin dan lutein. Senyawa-senyawa ini bertindak sebagai pembersih radikal bebas yang umum menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.
  9. Mentimun dalam bentuk jus berkontribusi bagi pertumbuhan rambut,  terutama karena kandungan silikon, sulfur sodium, fosfor dan kalsium, yang merupakan  nutrisi yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut . 
  10. Rutin Minum jus ketimun setiap hari baik untuk mengontrol rambut rontok
  11. Manfaat terbesar dan paling penting mentimun bagi kulit adalah revitalisasi. Masker wajah yang mengandung sari mentimun bermanfaat untuk mengencangkan kulit
Efek Samping Yang Di Timbulakan Mentimun :
  1. Dapat menyebabkan Alergi, terutama di sekitar rongga mulut yang menimbulkan gatal dan pembengkakan. Hal ini dapat dicegah dengan memasaknya, atau tidak dimakan dalam bentuk mentah 
  2. Dapat menyebabkan masalah gastritis dan gangguan pencernaan pada beberapa orang, terutama karena disebabkan adanya senyawa cucurbitacin.
  3. Metimun juga bisa menyebabkan keracunan dan kebotakan karena bahan kimia yang ditemukan dalam mentimun. Hal ini biasanya terjadi jika seseorang mengkonsumsi mentimun secara berlebihan. Hindari juga memilih buah ketimun yang berkulit keriput, atau yang memiliki rasa agak pahit.
Ternyata buah mentimun memiliki kandungan yang Cukup banyak sekali bukan, Semog dengan adanya artikel ini semakin menambah wawasan teman-teman terhadap buah-buahan yang ada di sekitar kita, Dan untuk teman-teman yang mengisi tugas sekolah, jangan lupa bagikan juga link artikel ini kepada teman-teman kamu ya, terima kasih.
Rating: 4.5