http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Friday 25 April 2014

Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata memang terkadang merupakan salah satu hal yang paling terpenting akan tetapi banyak juga orang yang mengabaikan betapa pentingnya kesehatan mata, bayangkan saja jika mata kita tidak mampu bekerja dengan baik, sudah barang tentu akan menghambat semua Rutinitas kita sehari-hari karena sangat kita sangat bergantung pada Pengelihatan kita, terutama untuk melakukan hal-hal yang sangat penting, apakah lagi mengerjakan hal-hal yang bersifat fisikal.

Cara Menjaga Kesehatan Mata
Ilustrasi Mata Yang Sehat

Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kami dari blog Manfaat Sehat akan mencoba berbagi tips untuk teman-teman yang sudah membaca artikel kami sebelumnya yakni Cara mengobati Radang Tenggorokan, Baik kita langsung saja ya yang sudah penasaran dengan Tipsnya silahkan simak di bawah ini.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Kurangi penggunaan tetes mata
Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

2. Lakukan tes mata secara teratur
Tidak ada salahnya untuk mendapatkan tes mata Anda secara teratur. Hal ini dapat membantu mendiagnosa dan mencegah kondisi mata seperti katarak , degenerasi makula dan glaukoma.

3. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang
Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

4. Ganti softlens secara teratur
Jika Anda menggunakan softlens, maka Anda harus menggantinya secara rutin. Anda tidak bisa memakainya selama setahun penuh. Selain itu jaga kebersihan softlens agar tidak menodai mata Anda.

5. Bersihkan Mata
Bersihkan daerah sekitar mata, terutama menjelang tidur. Penggunaan air rebusan daun sirih untuk membersihkan bagian dalam mata tidak disarankan karena belum memiliki pembuktian secara klinis.

6. Hindari kebiasaan mengucek mata
Jika mata Anda terasa gatal, jangan langsung buru-buru mengucek mata Anda. Tangan Anda belum tentu bersih, bisa saja mengandung kuman yang dapat menyakiti mata. Sebaiknya percikkan obat tetes mata atau air di mata Anda.

7. Perbanyak makan buah dan sayuran
Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

8. Lindungi Mata
Lindungi mata dari sinar ultraviolet dengan menggunakan kacamata hitam. Paparan sinar ultraviolet pada mata bisa mengakibatkan penyakit katarak, penurunan fungsi retina, dan kanker.

9. Istirahatkan mata Anda
Jika Anda terlalu lama menghadap komputer tentu mata Anda akan sakit. Jangan paksa mata Anda untuk terus-menerus bekerja. Istirahatkan mata selama beberapa menit untuk menghindari rasa sakit.

10. Jangan membaca dalam cahaya redup
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

11. Gunakan mentimun
Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

12. Kenakan kacamata di saat yang tepat
Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

13. Lutein dan zeaxanthin
Dua serangkai ini akan bahu membahu menjaga kesehatan mata Anda. Sumber lutein bisa Anda dapatkan dari makanan seperti sayur bayam, kangkung, lobak, selada, kacang polong, kol, wortel, telur rebus dan buah kiwi. Kemudian, untuk mendapat kandungan zeaxanthin, seseorang hanya bisa menambahkan makanan seperti kunyit, paprika dan spirulina.

Setelah kita membaca setiap tips di atas, sudahlah selayaknya kita mencoba dari sekarang merawat kesehatan mata kita, agar selalu sehat, agar kita bisa selalu melakukan aktifitas kita, Nah bagai mana menurut teman-teman artikel kali ini, jika bermanfaat silahkan Share ya ;) Thanks
Rating: 4.5