http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Monday 21 April 2014

Manfaat Dan Khasiat Daun Salam Untuk Obat

Manfaat Daun Salam - Daun salam merupakan daun jenis Rempah-rempah yang biasa di gunakan untuk Masakan di Indonesia mau pun di Daerah lainnya terutama untuk masakan Kari biasanya selalu menggunakan Daun salam ini, Namun untuk kesempatan kali ini kita bukan membahas Manfaat Daun Salam dari segi masakan karena kita akan mencoba membahas Khasiat Daun salam dari segi kesehatan.
Salam memiliki nama Latin Syzygium polyanthum pohonya berukuran sedang, sementara itu Tinggi pohonnya bisa mencapai 30 Meter, Sementara itu Salam memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah yakni Melayu: ubar serai, Sunda,Jawa dan Madura: Salam, Kangean: kastolam, Jawa: manting, Sumatera: meselengan.

Manfaat Daun Salam
Ilustrasi Daun Salam

Baik seperti artikel sebelumnya yakni Manfaat Buah Kurma, maka kita akan mencoba membahas langsung mengenai Daun salam berserta Kandungan serta Khasiat yang terkandung di dalamnya, yang bisa langsung anda lihat di bawah ini.

Adapun Daun Salam Memiliki Kandungan sebagai Berikut :
  1. Mempunyai Kalori
  2. Mempunyai  Karbohidrat dan serat
  3. Mempunyai  Mineral
  4. Mempunyai  Vitamin A, B-6, B-9,C

Khasiat Daun Salam dalam Untuk Tubuh
  1. Secara medis, daun salam dan buahnya sangat beragam. Mengandung astringent, diuretik dan sifat perangsang nafsu makan;
  2. Dalam pengobatan herbal, ramuan dari daun salam dikenal manjur untuk menenangkan perut dan menghilangkan nyeri perut;
  3. Manfaat daun salam lainnya sebagai obat sakit maag dan meredakan perut kembung;
  4. Kegunaan daun salam dalam minyak esensial untuk obat-obatan tradisional seperti pengobatan nyeri otot, bronkitis dan flu.
Resep Dan Cara Pengobatan menggunakan Daun Salam

Sebagai Obat Batuk :
  • 2 gelas air
  • 3 sdm madu
  • 10-15 daun salam kering
  • 1 buah lemon
Cara Membuatnya sebagi Berikut :
  1. Campurkan semua bahan dan didihkan bersama-sama sampai airnya berkurang hingga tersisa kurang lebih 1 gelas air. 
  2. Dinginkan kemudian tuangkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan dalam lemari es. 
  3. Minum 2-3 sendok per hari. Obat ini bisa langsung diminum dari kulkas atau bisa dihangatkan dulu.

Teh Daun Salam
1 Gelas air
4 daun salam kering
Rebus air hingga menidih, masukkan daun slam biarkan selama 2-3 menit. Tirisan dalam cangkir tanpa gula, bila ingin menggunakan pemanis tambahkan madu sedikit. Warna teh ini sedikit kuning, pucat dan rasanya menenangkan.

Nah sekarang anda tidak akan berfikir kalau Daun salam hanya untuk masakan saja kan, karena ternyata di balik daun yang terihat biasa saja terkandung manfaat yang mampu menyehatkan Tubuh kita ini, Salam dari blog Khasiat Buah, dan baca juga artikel sebelumnya yakni Manfaat Buah Mangga.
Rating: 4.5