http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Wednesday 22 October 2014

Manfaat Tumbuhan Ginseng Untuk Kesehatan

Manfaat Ginseng - Tumbuhan ini di kenal akan manfaatnya untuk pengobatan yang mujarab, sehingaa tidak mengherankan jika banyak orang yang memburu tumbuhan jenis ini, Ginseng merupakan jenis tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu, sementara itu ginseng dapat kita temui di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis.
Akan tetapi di Indonesia juga bisa kita temukan, hanya saja jenisnya berbeda yakni Ginseng Jawa atau kadang di kenal juga dengan nama Som Jawa.
Manfaat Ginseng
Ginseng
Ginseng sudah di manfaatkan Oleh masyarakat Cina sejak Ribuan tahun yang lalu, sampai sekarang Ginseng masih di perlukan untuk pengobatan, sementara itu Jika di indonesia Ginseng di manfaatkan sebagai Obat tradisional.
Nah ada baiknya jika sekarang kita langsung saja melihat, mengenai detail apa saja sih manfaat dari Gingseng ini, yang bisa teman-teman manfaatkan nantinya.

Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ginseng
Tumbuhan Ginseng

Mengobati diabetes
Tingkat gula darah dapat turun secara drastis dengan mengkonsumsi ginseng. Namun, jika Anda sudah menggunakan obat antidiabetes, perlu mempertimbangkan kembali untuk menggunakan ginseng secara bersamaan. Pasalnya, mencampur ginseng dengan obat diabetes bisa membuat kadar gula darah terlalu rendah. Oleh karena itu, sangat diperlukan rekomendasi dari dokter.

Mengurangi stres mental
Ginseng mampu meningkatkan kewaspadaan mental, disamping juga merubah mood dan menghilangkan rasa lelah. Manfaat lainnya adalah sebagai ramuan antidepresan dan anti-kecemasan. Ketika seseorang mengalami stres yang berlebihan, hormon adrenal (kortisol, adrenalin, dan noradrenalin) akan mengalir keluar dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam situasi ini, ginseng dapat membantu Anda dalam menyeimbangkan tingkat adrenalin.

Merangsang sistem kekebalan dan saraf
Ginseng mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sejumlah pakar obat herbal mengatakan ginseng dapat meningkatkan kualitas hidup. Sifat adaptogenik pada ginseng membantu merangsang orang tetap muda. Sedangkan pada orang tua, dapat memulihkan sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ginseng juga dapat membantu Anda melawan flu dan penyakit infeksi lainnya.

Mencegah perkembangan kanker
Pertumbuhan jenis tertentu dari sel-sel kanker dapat dihambat oleh Ginseng. Chinese Medicine Journal melaporkan, ginsenosides memiliki efek anti-tumor serta dapat menginduksi kerusakan sel pada kanker prostat, sel kanker ovarium, sel paru-paru adenokarsinoma, dan sel-sel neuroblastoma. Selain itu, ginseng juga berfungsi dalam menghambat perkembangan siklus sel, sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Menurunkan kadar kolesterol
Dalam beberapa penelitian, Ginseng ditemukan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Para ilmuwan percaya bahwa ginsenocides yang terdapat dalam ginseng bertanggung jawab terhadap penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.
Mengurangi Kelelahan : Peran adaptogenik dari berbagai strain Ginseng diyakini dapat memberikan perubahan fisiologis pada tubuh untuk beradaptasi dengan rasa lelah akibat terlalu banyak pekerjaan.

Meningkatkan daya tahan atlet
Kualitas ginseng dalam meningkatkan stamina telah membuatnya menjadi tonik stimulan populer di kalangan atlet. Selama berlatih, seorang atlet perlu secara konsisiten menjaga stamina agar tetap tinggi, dan ginseng dapat membantu untuk mewujudkannya.

Dahulu siapa yang menyangka Tumbuhan yang bentuk akarnya hampir menyerupai manusia ini begitu banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, sehingga di cina ginseng di sebut dengan ren shen yang artinya Duplikat Manusia.
apakah teman-teman merasa terbantu dengan artikel ini.? jika iya maka sekarang bantulah saya untuk membagikan artikel ini di media sosial seperti facebook dan juga google plus, Terima kasih dan jangan lupa baca jua artikel sebelumnya yang tak kalah menarik tentunya yakni manfaat klorofil, sampai ketemu di artikel berikutnya.
Rating: 4.5