http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Wednesday 6 April 2016

Ciri - Ciri dan Gejala Penyakit Amandel

Ciri - Ciri dan Gejala Penyakit Amandel - Penyakit amandel atau yang lebih dikenal dengan tonsilitis didalam dunia kedokteran, merupakan keadaan dimana amandel mengalami infeksi yang kadang dapat mengakibatkan tenggorokan terasa sakit dan badan akan demam. Secara ilmu kedokteran, peradangan pada amandel ini ada yang akut dan ada yang kronis, untuk penyakit mandel akut ditandai dengan rasa nyeri saat menelan atau yang lebih dikenal dengan odinofagi didalam ilmu kedokteran, dan terkadang akan disertai demam. Sedangkan untuk penyakit amandel yan kronis biasanya ditandai dengan susah saat menelan namun tidak disertai nyeri, akan tetapi yang membahayakan adalah ukuran dari amandel itu sendiri yang cukup besar dibandingkan ukuran normal, sehingga mengganggu kinerja tenggorokan, keadaann ini didalam ilmu kedokteran disebut hipertrofi.

Penyebab utama dari penyakit amandel ini adalah akibat dari mengkonsumsi makanan yang idak sehat atau memiliki rasa yang terlalu ekstreem, misalnya gorengan yang digoreng dengan minyak yang tidak sehat, makanan yang terlalu pedas, minuman yang terlalu dingin, makanan yang mengandung terlalu banyak minyak, makan tersebut dapat memicu berkembangnya bibit-bibit penyaki pada kerongkongan.

Penyakit amndel disebabkan karena terjadinya infeksi pada amandel yang letaknya berada disekitar tenggorokan, karena letaknya yang berada di dekat teggorokan maka akan mengganggu kinerja tenggorokan dan mengganggu masuknya makanan ke dalam tubuh. Penyakit amndel apabila tidak segera ditangani, akan sangat berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu kita perlu mengetahui ciri ciri penyakit amandel agar dapat melakkan pencegahan lebih dini pada penyakit mandel. Baca: Cara Mengobati Penyakit Amandel Tanpa Operasi 

Berikut beberapa ciri ciri penyakit amandel:


  • Amandel yang letaknya berada didekat tenggorokan berwarna lebih merah dari pada biasanya
  • Amandel mengalami peradangan atau pembengkakan , hal ini dapat dilihat dari ukuran amandel yang semakin membesar
  • Amandel terdapat bintik-bintik putih atau kuning
  • Terjadi pembengkakan sehingga membuat leher terlihat menonjol atau ukurannya yang semakin membesar
  • Leher terasa kaku dan sulit untuk digerakkan
  • Tenggorokan terasa sakit saat menelan
  • Amandel dapat disertai dengan sakit kepala, batuk, sakit mata, dan merasa pegal-pegal di seluruh tubuh.
  • Penderita penyakit amandel akan mengalami kesulitan saat menelan makanan
  • Penyakit amandel sering disertai dengan terjadinya demam dan hidung yang terasa mampet
  • Badan menjadi lemah, letih lesu dan tidak bersemangat yang dirasakan setiap bangun pagi oleh penderita penyakit amandel
  • Pada leher bagian atas tepatnya dibawah rahang akan terasa sakit saat ditekan. Selain itu pada daerah leher tepatnya pada tenggorokan akan terasa ada yang mengganggu dan mengganjal serta terasa kering pada tenggorokan,
  • Perasaan sakit pada saat menelan, baik pada saat menelan makanan, meneguk minuman dan bahkan pasa saat menelan ludah,
  • Penyakit amandel akan menyebabkan bau mulut, nyeri perut, mual, suara serak serta terjadi pembesaran pada bagian kelenjar getah bening.

Untuk penderita amandel kronis, Biasanya akan mendengkur saat sedang terlelap tidur. Hal ini dikarenakan terjadinya pembesaran pada kelenjar adenoid yang merupakan kelenjar yang berada didinding belakang tepatnya diantara rongga hidung dan tenggorokan.

Gejala - Gejala Penyakit Amandel

Penyakit amandel sering kita jumpai menyerang orang-orang disekitar kita, bahkan juga dapat menyerang kita sendiri. Karena bukan penyakit yang awam, kita seringkali menyepelekan penyakit amandel, padahal apabila tidak tertangani dengan baik penyakit amandel dapat menjadi penyakit berbahaya dan mengancam nyawa kita. Amandel sering disebabkan karena infeksi yang disebabkan oleh virus yang masuk kedalam tubuh melalui mulut maupun hidung, sehingga menyebabkan amandel kita mengalami peradangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan peradangan pada amandel, dapat disebkan makanan yang tidak bersih ataupun dikarenakan bahan pengawet yang tidak baik apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Penyakit amandel apabila dibiarkan, akan berbahaya dan apabila sudah dalam kondisi ini mau tidak mau penderita penyakit amandel harus melakukan operasi. gejala amandel dapat amati dari beberapa sakit yang dirasakan oleh pederita penyakit amandel. Peyakit ini dibagi menjadi dua bagian besar yaitu penyakit amandel kronis dan penyakit amandel akut. Penyakit amandel akut masa infeksinya lebih sering daripada penyakit amandel kronis, kira-kira sekitar empat minggu sedangkan penyakit amndel kronis dapat kambuh sekitar sepuluh mingggu.

Keberadaan amandel sendiri sangat penting bagi tubuh, amandel berfungsi melindungi tubuh karena dapat membunuh beberapa jenis kuman yang masuk melalui hudung maupun mulut, hal ini dikareakan amndel menghaslkan limfoosit serta anti body.

Gejala amandel biasanya sering rentan kambuh antara umur 6-15 tahun, maka dari itu kita harus menjaga tubuh dengan baik, terutama mengenai makanan yang dikonsmsi. Bagi penderita penakit amandel, biasanya dianjurkan bahkan dilarang mengkonsumsi makanan pedas, dan manis serta makanan yang mengandung pengawet. Berikut beberapa gejala amndel yang dapat diamati pada penderita penyakit amandel:

· Tenggorokan terasa kering

Penderita penyakit amandel biasanya sering merasa kekeringan pada tenggorokan, sehingga membuatnya susah menelan makanan atau merasakan sakit saat menelan.

· Bau tidak sedap pada mulut

Saat penyakit amandel sedang kambuh akan mengakibatkan produksi air liur didalam mulut berkurang, sehingga bakteri yang ada didalamnyya meningkat, hal ini dapat menyebabkan bau tidak sedap pada mulut penderita penyakit amandel

· Kesulitan dalam menelan makanan

Saat penyakit amandel kambuh membuat amandel mengalami peradangan dan akan membesar ukurannya daripada ukuran normal, hal ini akan membuat penderita mengalami kesulitan dalam menelan makanan dikarenakan ruang jalannya makanan di tenggorokan yang semakin sempit.

· Mual dan muntah

Apabila sudah sangat parah, penderita menykit amandel seringkali merasa mual dan muntah berklai-kali, dan akan membuat asam lambung meningkat

· Membuat suara serak atau ilang

Saat amandel mengalami peradangan, akan berpengaruh juga terhadap kondisi dari pita suara yang dapat menyebabkan suara penderita penyakit amandel serak atau bahkan dapat hilang sesaat

· Pusing

Karena tubuh banyak kekurangan asupan nutrisi akan membuat badan terasa lemas dan pusing pada kepala, hal ini dkarenakan peredaran darah terganggu.

Gejala - gejala penyakit amandel ini dapat muncul secara bersamaan atau hanya salah satu saja, tergantung dari kondisi serta keparahan penyakit amndel itu sendiri. Baca: Cara Menyembuhkan Penyakit Amandel
Rating: 4.5