http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Wednesday 17 August 2016

Waspada! 3 Masalah Kesehatan Gigi yang Sering Diderita Balita

Beberapa masalah kesehatan gigi yang sering diderita balita ini seringkali membuat para orangtua cemas dan panik. Menjaga kesehatan gigi memang penting, karena gigi yang sehat bisa konsumsi berbagai jenis makanan tanpa khawatir merasakan keluhan sakit gigi. Namun, bila balita sudah terlanjur kesehatan gigi terganggu maka harus bagaimana lagi. Nah, untuk itu agar semua sebelum terlambat jaga kesehatan gigi balita Anda dengan baik-baik. Lalu, masalah kesehatan gigi apa saja yang sering diderita balita? simak informasi selengkapnya berikut ini

Beberapa masalah kesehatan gigi yang sering diderita balita

Karies atau gigis

Masalah kesehatan gigi yang sering diderita balita adalah karies atau lebih dikenal gigis. Masalah gigi gigis pada balita ini disebabkan karena konsumsi susu formula dengan menggunakan botol. Balita yang mengkonsumsi susu formula dengan menggunakan botol akan mudah beresiko gigis, sebab sisa susu yang dikonsumsi balita menempel pada giginya. Akibatnya balita terserang gangguan kesehatan pada giginya, yaitu gigis atau karies. Umumnya balita yang sering menderita masalah gigi ini, yaitu balita yang berusia 2 sampai 5 tahun, untuk menimalisir masalah gigi gigis ini bisa dilakukan dengan cara gosok gigi sehari sebanyak 2 kali.

Bau mulut
Tahukan bunda masalah kesehatan gigi lainnya yang paling sering diderita balita adalah bau mulut. Masalah ini timbul akibat jarang menggosok gigi, kuman yang ada dimulutnya berkembang. Nah, agar masalah bau mulut yang dialami balita ini teratasi, maka ajarkan padanya untuk rutin menggosok gigi setiap hari sebanyak 2 kali. Jangan lupa ajarkan untuk selalu menggunakan pasta gigi saat membersihkan gigi agar mulutnya menjadi segar.
Gigi maju atau tonggos
Selanjutnya masalah kesehatan gigi yang sering terjadi pada balita adalah tonggos. Balita yang memiliki gigi tonggos ini disebabkan karena ia mempunyai kebiasaan buruk, akibatnya giginya menjadi tonggos atau maju. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan balita adalah menghisap tangan sepanjang waktu atau bisa juga bibir bagian bawah. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan balita ini harus segera dihilangkan agar tidak terjadi perubahan pada rahangnya. Bila rahangnya terjadi perubahan, maka giginya akan menjadi tonggos.

Itulah tadi 3 masalah kesehatan gigi yang sering diderita balita. Sebenarnya masih banyak masalah kesehatan gigi lainnya yang sering diderita balita. Semoga ulasan diatas yang kami bagikan mengenai masalah kesehatan gigi yang sering diderita balita bermanfaat. Baca: mengatasi sembelit pada bayi
Rating: 4.5