http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Monday 10 March 2014

Manfaaat Dan Fungsi Vitamin B Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaaat Vitamin B - Vitamin B adalah 8 vitamin yang larut dalam air dan mempunyai peran penting dalam metabolisme sel. Dulunya, vitamin ini pernah diduga hanya mempunyai satu tipe, yaitu vitamin B (seperti vitamin C atau vitamin D).Namun setelah diteliti lebih lanjut menunjukkan bahwa komposisi kimia didalamnya membedakan vitamin ini satu sama lain dan terlihat dalam contohnya dalam beberapa makanan. Suplemen yang mengandung ke-8 tipe ini disebut sebagai vitamin B kompleks.

Manfaat Vitamin B
Ilustrasi Vitamin B

Kita bisa mendapatkan sumber Vitamin B kompleks ini dari, buah-buah, sayur-sayuran, dan lauk pauk yang kita makan sehari-hati diantaranya yakni:
Kacang lentil ,kacang almond, dan sayur bayam selada kobis,ikan,telur, susu dan daging, semua ini merupakan sumber makanan yang mengandung Vitamin B1.
Sedangkan Sumber makana yang mengandung Vitamin B2 yakni banyak ditemukan pada ayam, ikan salmon, ikan tuna dan juga terdapat pada pasta dan gandum utuh.

 Meskipun Vitamin B ini terdiri Dari Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9,dan B12 akan tetapi semua Vitamin ini bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh tubuh kita dan juga untuk keberlangsungan hidup kita. dan Vitamin B kompleks ini memiliki fungsi tersendiri dalam tubuh kita seperti untuk menghasilkan energi, hal ini dilakukan oleh Vitamin B1, B2,B3 dan B7 sedangkan Vitamin B6 berfungsi untuk metabolisme asam amino.dan vitamin B12 dan B9 membantu dalam pembelahan sel.

Manfaaat Vitamin B Untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin B kompleks ini memiliki manfaat yang sangat banyak diantaranya yakni:
  1. Meningkatkan Daya Ingat
    Homosistein adalah senyawa asam amino yang merupakan racun bagi sel-sel saraf, sehingga Vitamin B kompleks ini akan menjadi pelindung disekitar saraf otak agar tidak mendapatkan ancaman sedikitpun dari homosistein sehingga daya ingat dan kosentrasi bisa tetap terjaga.
  2. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit
    bagi sebagian besar orang zaman sekarang sudah banyak sekali  mempunyai masalh pada rambut yakni sudah tumbuh uban padahal umurnya masih tergolong muda, dan juga sering mengalami kulit kering dan kusam, tahu kah anda Kesehatan kulit, dan rambut tergantung pada sistesis RNA (ribonucleic acid) dan DNA (deoxyribonucleic acid) yang terjadi setelah dibantu vitamin B kompleks. sehingga jika anda mengalami gejali seperti tumbuh uban sebelum waktunya itu tandanya anda kekurangan asupan Vitamin B komplks.
  3. Meningkatkan Produksi Energi
    Perubahan dari karbohidrat menjadi glukosa yang akan menghasilkan energi saat kita melakukan suatu aktifitas atau olahraga seperti berlari atau senam, merupakan fungsi utama dari Vitamin B kompleks ini. sehingga jika anda kekurangan Vitamin B kompleks ini akan merasakan lelah,Lesu dan mudah capek saat anda melakukan aktifitas maupun saat anda berolahraga.
  4. Menjaga Sistem Pencernaan
    jika anda mengalami masalah/penyakit pada sistem pencernaan anda itu merupakan tanda bahwa anda harus banyak-banyak mengkonsumsi makanan,buah-buahan dan lauk pauk yagn banyak mengandung Vitamin B kompleks. karenaVitamin B kompleks ini merupakan Vitamin yang larut dalam air sehingga ia mampu memperbaiki sisitem pencernaan dan asam klorida.
  5. Menjaga Kesehatan Kandungan
    Menurut para ahli, salah satu langkah penting yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mengurangi kemungkinan cacat lahir yang serius adalah mengasup jumlah cukup vitamin B9 (asam folat).Vitamin ini lebih efektif bila diambil dalam jumlah yang cukup sebelum hamil dan selama awal kehamilan.Asam folat berkontribusi dalam perkembangan DNA yang pada akhirnya mengoptimalkan pertumbuhan janin.Ibu hamil dan menyusui dianjurkan mengonsumsi sekitar 400 mg asam folat setiap hari.Defisiensi vitamin B9 bisa memicu gangguan pertumbuhan bayi, dan kesulitan belajar.
Itulah tadi beberapa Fungsi dan manfaat dari Vitamin B kompleks dan jika anda tidak menyukai sayuran atau buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin B kompleks anda bisa mendapatkan dari mengonsumsi suplemen Vitamin B kompleks yang banya tersedia dipasaran, dan semoga setelah anda membaca nya dapat memberikan manfaat kepada anda semua agar kesehatan tubuh anda bisa terjaga dengan baik.
Rating: 4.5