http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Thursday 13 March 2014

Manfaat dan Fungsi Vitamin B1 Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin B1 - Kita Masih membahas tentang vitamin B ni, seperti yang sudah saya tulis kemaren bahwa vitamin B kompleks terdiri dari beberapa vitamin salah satunya yakni Vitamin B1. Vitamin ini merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi manusia, vitamin ini juga memiliki peranaan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jantung bagi tubuh.Vitamin B1 ini juga merupakan Vitamin yang mudah larut dalam air seperti halnya Vitamin A.

Manfaat Vitamin B1
Ilustrasi Sumber Vitamin B1

Vitamin B1 atau dalam bahasa kimia disebut dengan Thiamine ini juga dikenal sebagai penambah energi yang baik karena vitamin ini memasuki setiap reaksi kimia didalam tubuh sehingga vitamin ini memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu menkonversi karbohidrat menjadi glukosa dan yang menghasilkan bahan produk energi, dalam reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh manusia. sehingga kita dapat melakukan aktifitas sehari-hari.

Dokter sangat menyarankan agar kita selalu mencukupi asupan makanan yang mengandung vitamin B1,selain sebagai bahan penghasil energi ternyata Vitamin B1 ini jugabermanfaat untuk mengoptimalkan kerja otak. namun tak hanya itu saja manfaat dari Vitamin B1 ini ada beberapa manfaat lain dari Vitamin B1, antara lain yaitu:

Manfaat Vitamin B1 Untuk Kesehatan Tubuh
  1. Mencegah Penyakit Jantung
    mengapa Vitamin B1 ini bisa dibilang dapat mencegah penyakit jantung?? karena vitamin B1 ini juga membantu memproduksi neurotransmitter acetylcholine yang sering digunakan sebagai media penyampaikan pesan antara system syaraf dan otot untuk memastikan kerja jantung yang baik dan sempurna, sehingga jika kita kekurang vitamin B1 ini dapat menyebabkan ganguan pada jantung. Dalam sebuah riset menunjukkan bahwa orang yang memiliki system kerja jantung yang terganggu bisa kembali normal lagi setelah diberikan tambahan nutrisi Vitamin B1 selama 7 hari.
  2. Mencegah Penyakit Beri-beri
    Anda pasti pernah mendengar penyakit ini waktu di sekolah dasar kan yang memiliki ciri-ciri seperti,sering menderita ganguan pencernaan makanan, merasa lemah,kekurangan darah dan hilangnya nafsu makan. kenapa penyakit ini bisa terjadi pada saat kita kekurangan darah? itu karena Penyakit ini menyerang saraf sehingga menyebabkan terganggunya kemampuan motorik seseorang akibat polyneuritis.dan Vitamin B1 ini memiliki fungsi untuk membantu dalam penyusunan urat syaraf dan mengfungsikan otot-otot denganbaik.
  3. Mengoptimalkan Kerja Otak
    Bila kita mengkonsumsi Vitamin B1 dengan cukup dan teratur  ia akan membantu mengoptimalkan kerja otak. Diketahui konsumsi vitamin B1 yang bisa membuat otak lebih optimal adalah 1,1 mg untuk pria, 1,2 mg untuk wanita hamil, dan 1,4 mg untuk wanita menyusui. Namun ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa vitamin B1 bisa dikonsumsi hingga 50 sampai 1000 mg dan tidak mengalami gejala efek samping apapun.
Sayuran yang banyak mengandung Vitamin B1 antara lain yakni,Sayur Asparagus,Sayur Bayam, Sayur terong, Sayur paprika dan Sayur brokoli. sedangkan pada buah-buhan banyak terdpat pada,Buah Nanas, Buah Jeruk,Buah Anggur dan Buah Semangka. dan juga banyak terdapat pula pada, Daging, Ikan, Telur,sereal dan Gandum.

Jika kita mengkonsumsi vitamin jangan sampai kekurangan atau pun berlebihan karena itu juga tidak baik akan tetapi konsumsilah secukupnya dan sesuai dengan aturan dokter yang diberikan kepada kita.
Rating: 4.5