http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Tuesday 11 March 2014

Manfaat dan Fungsi Vitamin A Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin A - Vitamin yang memiliki rumus kimia C20H30O mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembentukan sistem pengelihatan yang baik bagi tubuh kita, Vitamin A ini merupakan salah satu jenis Vitamin yang larut dalam lemak dan terdapat beberapa senyawa yang digolongkan kedalam kelompok Vitamin A seperti, senyawa retinil, retinol, retinil asetat dan palmitat, dan bahkan mungkin sebagian orang tidak mengetahui ada senyawa lain didalam vitamin A, senyawa retinol ini merupakan senyawa yang banyak berperan aktif dalam tubuh kita karena itulah Vitamin A ini lebih mengenal vitamin a ini dengan nama retino.

Manfaat Vitamin A
Ilustrasi Vitamin A

Vitamin A ini memiliki 2 bentuk aktif yang dapat dicerna oleh tubuh manusia,yaitu: Retinil palmitat, ini bersumber dari makanan hewani yang kita konsumsi seperti,daging sapi, hati ayam, susu, keju, dan ikan. Sedangkan Beta Karotin dihasilkan dari makanan nabati seperti, brokoli, bayam dan wortel. dan bila kita kekurangan Vitamin A maka tubuh kita bisa mengalami gangguan pada pernafasaan, kerabunan dan bahkan bisa sampai mengalami kebutaan.karena itulah kita dari kecil selalu dianjurkan untuk makn 4 sehat, 5 sempurna.

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Fungsi Vitamin A dalam tubuh kita adalah menjaga kesehatan mata, namun sebenarnya vitamin A ini memiliki begitu banyak fungsi lain didalam tubuh kita, Diantaraanya yaitu:
  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
     Sistem kekebalan Tubuh berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul jahat dan Vitamin A ini akan meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap senyawa toksin maupun terhadap serangan mikroorganisme parasit, seperti bakteri patogen dan virus sehinga Vitamin A akan melindungi tubuh dari infeksi organisme asing, seperti bakteri patogen dan Mekanisme pertahanan ini termasuk ke dalam sistem imun eksternal, karena sistem imun ini berasal dari luar tubuh.
  2. Menjaga Aktivitas Antiohaksidan
    Sayuran yang kita konsumsi seperti bayam, wortel dan brokoli ini akan menghasil kan Beta Karotin, yakni slah satu bentuk vitamin A yang dapat dicerna oleh tubuh kita sehingga senyawa ini merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Senyawa radikal bebas ini banyak berasal dari reaksi oksidasi di dalam tubuh maupun dari polusi di lingkungan yang masuk ke dalam tubuh.[6] Antioksidan di dalam tubuh dapat mencegah kerusakan pada materi genetik (DNA dan RNA) oleh radikal bebas sehingga laju mutasi dapat ditekan.
  3. Mencegah Kanker Payudara
    Berdasarkan penelitian terbaru ilmuan asal Amerika, diungkapkan bahwa vitamin A ini dapat menghambat pertumbuhan kanker yang sering menyerang wanita, yaitu kanker payudara. Walau tidak secara langsung, namun bentuk turunannya berupa asam retinoat atau retinol yang terdat dalam Vitamin A inilah yang akan menghambat pertumbuhan jaringan kanker itu sendiri.
  4. Menjaga Kesehatan Mata
    Vitamin A memiliki peran penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. kareana didalam Vitamin A ini terdapat Senyawa  retinol dan senyawa inilah berperan penting dalam menjaga kesehatan mata kita.
Itulah tadi beberapa Manfaat dan Fungsi Vitamin A untuk Kesehatan tubuh kita, jadi mulai sekarang konsumsi lah maknan yang banyak mengandung Vitamin A ini karena Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tubuh kita sehingga jika kita kekurangan vitamin ini tubuh kita akan mudah terkena penyakit dan kita tidak akan bisa melakukan aktivitas yang kita sukai. namun saat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A jangan sampai berlebihan ya, karena jika berlebihan juga akan dapat menimbulkan penyakit seperti, mual, sakit kepala, nyeri sendi dan kerontokan rambut.
jadi makanlah vitamin A ini dengan Dosis 750 mcg setiap harinya nya ya. Okay Baca Juga artikel kami sebelumnya Yakni Manfaat Vitamin B
Rating: 4.5