http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Wednesday 19 March 2014

Manfaat dan Pengertian Metabolisme

Manfaat Metabolisme
Ilustrasi Efek Metabolisme
Manfaat dan Pengertian Metabolisme - Makana menyediakan nutrisi yang digunakan sebagai sumber energi bagi makhluk hidup, termasuk energi yang digunakan untuk beraktifitas, seperti  olahraga seperti tampak pada gambar. namun, makanan yang kita makan tidak langsung menghasilkan energi, begitu sampai di dalam tubuh,nutrisi makanan baru dapat berfungsi sebagai penyedia energi apabila telah mengalami perombakan melalui proses metabolisme

Apa itu Metabolisme? Metabolisme sebenarnya bukan istilah asing. maksudnya, sudah banyak masyarakat awam yang telah mendengar tentang metabolisme. Meskipun mungkin sebagian dari mereka tidak mengetahui betul definisi tentang metabolisme, yang jelas istilah ini menjadi kata yang tidak asing bagi telinga mereka . hemz biar semua kalangan tau apa itu metabolisme kali ini saya akan sedikit menjelaskan apa itu metabolisme, biar saya cerita sedikit ya sebelum kita masuk ke pengertian metabolisme. Sebenarnya pengetahuan tentang metabolisme manusia yang telah dikemukakan oleh santorio pada tahun 1614 dalam bukunya yang berjudul  Ars de Statica Mediecina. Setelah melakukan serangkaian percobaan yang dilakukan terhadap dirinya sendiri, dan kemudian ia mengungkapkan suatu konsep metabolisme.

Kehidupan makhluk hidup, khususnya manusia memang tidak luput dari sebuah proses dalam kehidupannya. Bahkan dirinya sendiri juga merupakan bagian dari sebuah proses. Bukan hanya itu, di bagian dalam tubuh manusia juga terjadi sebuah proses. Proses itulah yang secara sederhana boleh diartikan sebagai metabolisme. Sebuah proses yang memiliki nilai cukup penting dalam kehidupan manusia.

Pengertian Metabolisme

Ada beberapa pengertian tentang metabolisme. Semua pengerian sebenarnya mengarah pada satu tujuan. Yakni proses. Bahwa metabolisme adalah sebuah rangkaian reaksi bersifat kimia yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Reaksi ini terjadi sebagai modal/sumber makhluk hidup untuk mempertahankan kehidupannya.

Ada juga pengertian lain tentang metabolisme. Metabolisme adalah sebuah aktivitas yang terjadi pada setiap makhluk hidup. Selain itu, ada juga yang menyimpulkan jika metabolisme merupakan sebuah reaksi bersifat kimia yang terjadi di dalam sel tubuh manusia. Pengertian yang terakhir ini mencakup dua pengertian dari metabolisme yang sebelumnya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Metabolisme merupakan seluruh rangkaian reaksi kimia yang berlangsung di dalam sel makhluk hidup. Metabolisme terdiri atas dua proses , yaitu anabolisme dan katabolisme.
  • anabolisme merupakan serangkaian reaksi kimia berupa proses penyusunan zat kompleks dari zat yang lebih sederhana.
  • Katabolisme merupakan kebalikan dari anabolisme yakni zat kompleks serangkaian reaksi kimia berupa proses pemecahan zat kompleks menjadi zat lebih sederhana yang disertai dengan pelepasan energi berupa adenosin triphosphate

Kedua proses metabolisme diperlukan setiap organisme untuk dapat bertahan hidup. Peroses metabolisme ditentukan oleh suatu senyawa yang disebut sebagai hormon, dan dipercepat oleh enzim. Pada senyawa organik, penentu arah reaksi kimia disebut promoter dan penentu percepatan reaksi kimia disebut katalis.

Dengan kata lain, metabolisme adalah proses yang menentukan apakah zat tersebut berguna untuk pertumbuhan atau tidak. Bergizi ataukah beracun. Sehingga, benar saja jika proses ini memiliki peran yang sangat besar bagi kehidupan makhluk hidup. Jika proses metabolisme terganggu, maka secara keseluruhan, kelancaran proses lain dalam tubuh juga akan ikut terganggu.

Jika yang dibicarakan adalah sel tubuh milik manusia, maka proses metabolisme bergantung dari asupan makanan dalam tubuh.Maka dari itu, proses metabolisme dalam tubuh manusia sangat bergantung pada makanan yang dikonsumsi. Semakin bagus, sehingga semakin banyak kandungan Vitamin dalam tubuh akan semakin baik dan tubuh tubuh akan semakin sehat karena proses metabolisme terjaga dengan baik. Sel-sel tubuh dapat tumbuh dengan sempurna dan berimbas baik bagi kesehatan dan pada akhirnya kehidupan.

Manfaat Metabolisme Untuk Kesehatan Tubuh 
  • Pengubah Racun
    Racun merupakan zat yang jelas tidak dibutuhkan oleh tubuh. Masuknya zat ini ke dalam tubuh tidak selamanya dilakukan dengan sengaja, sebagian besar malah justru tidak sengaja, alias keracunan. Dan tahukah Anda bahwa proses metabolisme ini bisa mengubah zat beracun menjadi senyawa yang sama sekali tidak beracun tidak hanya mengubahnya menjadi tidak beracun, metabolisme juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh.
  • Menjaga Kesehatan Tubuh
    Metabolisme merupakan sebuah proses yang membantu tubuh untuk mengolah aneka zat yang masuk ke dalam tubuh. Hasil akhir dari pengolahan tersebut nantinya berperan dalam membentuk identitas kesehatan tubuh. Jika proses metabolime berjalan lancar, tubuh akan jauh lebih merasa sehat dan bugar
  • Penghasil Senyawa ATP
    ATP merupakan senyawa kimia berenergi tinggi, tetapi mempunyai ikatan yang bersifat labil.
    senyawa tersebut nantinya akan menyumbang energi pada proses-proses dalam metabolisme seperti fotosintesis, respirasi, sintesis protein, kemosintesis, dan lemak.
Sekarang udah pada tau kan apa itu metabolisme dan manfaatnya untuk tubuh. sehingga mulai sekarang jaga lah kesehatan anda karena untuk mendapatkan tubuh yang sehat membutuhkan proses yan sangat lama. semoga bermanfaat untuk anda semua ya. Baca Juga Manfaat Kalsium
Rating: 4.5