http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Friday 7 March 2014

Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh

Manfaat Vitamin C - Vitamin C atau lebih kita kenal dengan nama asam askrobat ini memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bila kadar Vitamin C ini tidak mencukupi, tubuh dapat mengalami suatu penyakit, dan vitamin ini tidak  dapat dihasilakan oleh tubuh.

Manfaat Vitamin C
ilustrasi Jeruk Yang Kaya Vitamin C


Vitamin C ini sangat penting bagi kesehatan tubuh kita jadi kita sebisa mungkin harus mendapatkan asupan makanan yang mengandung vitamin C misalnya seperti Buah jeruk,
Vitamin C  banyak memberikan manfaat bagi kesehatan untuk tubuh kita. Beberapa studi dan penelitian mengungkapkan vitamin C merupakan senyawa pembentuk kolage yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit sehingga ada beberapa manfaat Vitamin C untuk kulit antara lain yaitu:
  • Mencerahkan kulit, membuat kulit sehat dan bercahaya
  • Memperbaiki kondisi kulit yang kusam dan pucat
  • Melindungi kulit dari radikal bebas
  • Menekan proses pigmentasi akibat pengaruh UV B
  • Meningkatkan sintetis collagen
  • Sebagai antioksidan
  • Memproduksi collagen
  • Mengurangi garis halus dan kerutan pada kulit
Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh
  1. Mencegah Kanker
    Pada saat ini kita sering memakan makan ringan yang banyak men gandung bahan pengawet yang bisa menyebabkan penyakit kanker Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita yang mengasup banyak vitamin C dari makanan seperti buah-buahan atau sayur (bukan suplemen), memiliki risiko lebih rendah terkena kanke
  2. Meningkatkan Kebugaran Tubuh
    Terkait dengan sifatnya yang mampu menangkal radikal bebas, vitamin C dapat membantu menurunkan laju mutasi dalam tubuh sehingga ia Mampu menjaga Kebugaran Tubuh kita
  3. Memperbaiki Kulit
    Vitamin C adalah antioksidan yang paling banyak dibutuhkan kulit, di mana ia membantu menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat paparan sinar matahari dan usia. "Pemberian vitamin C yang dikombinasi dengan bahan lain, memperbaiki beberapa tanda-tanda penuaan termasuk garis-garis halus, pigmentasi tidak merata, warna kulit dan tekstur," kata Dr Mariusz Sapijaszko, direktur medis dari Youthful Image Cosmetic Surgery Clinic dan seorang profesor dermatologi di University of Alberta.
  4. Melawan Strok
    Beberapa bukti penelitian mengungkapkan bahwa dengan banyak kita mengkonsumsi buah-buhan segar dan terutama yang banyak mengandung Vitamin C akan Mencegah terjadinya penyakit terutama penyakit strok.
Vitamin C ini sangat penting bagi kesehatan tubuh kita sehingga sebisa mungkin kita harus mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung Vitamin C ini, misalnya dengan memperbanyak memakan buah jeruk.
Baca juga artikel sebelumnya yakni Manfaat Bawang Putih

Rating: 4.5