http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Sunday 2 March 2014

Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Laut Dan Manusia

Manfaat Terumbu Karang Bagi Kehidupan Manusia dan juga bagi biota laut itu sendiri, Terumbu Karang seperti yang dapat kita baca terdiri dari Dua kata, Kata pertama terumbu yang bisa kita artikan sebagai endapan batu kapur, yaitu kalsium karbonat, yang dihasilkan oleh hewan karang dan biota-biota lain, Dan Kata kedua adalah Karang yang mana bisa kita artikan sebagai sejenis hewan yang berasal dari ordo Scleractinia yang mampu menyekresi kalsium karbonat.

Manfaat Terumbu Karang
Ilustrasi Keindahan Terumbu Karang

Akan tetapi Terumbu Karang tidaklah bisa di artikan secara terpisah karena jika di artikan perkata maka pengertianya seperti di atas, dan maksud dari terumbu karang itu adalah Sekompulan ekosistem di bawah Laut penghasil kapur (CaCO3) khususnya jenis-jenis karang batu dan alga berkapur, bersama-sama dengan biota yang hidup di dasar lainnya seperti jenis-jenis moluska, krustasea, ekhinodermata, polikhaeta, porifera, dan tunikata serta biota-biota lain yang hidup bebas di perairan sekitarnya, termasuk jenis-jenis plankton dan jenis-jenis nekton.

Nah itu adalah Pengertian dari Terumbu Karang yang sesungguhnya, semoga kita sudah mengerti ya pengertian dari terumbu karang yang sebenarnya, baiklah kita akan masuk kebagian inti dari artikel ini, yakni manfaat terumbu karang bagi kehidupan, Nah silahkan simak di bawah ini.

Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Laut 
  1. Secara alami, terumbu karang merupakan habitat bagi banyak spesies laut untuk melakukan pemijahan, peneluran, pembesaran anak, makan dan mencari makan (feeding & foraging), terutama bagi sejumlah spesies yang memiliki nilai ekonomis penting. 
  2. Banyaknya spesies makhluk hidup laut yang dapat ditemukan di terumbu karang menjadikan ekosistem ini sebagai gudang keanekaragaman hayati laut. 
  3. Saat ini, peran terumbu karang sebagai gudang keanekaragaman hayati menjadikannya sebagai sumber penting bagi berbagai bahan bioaktif yang diperlukan di bidang medis dan farmasi.
Manfaat Terumbu Karang Bagi Manusia
  1. Sumber ikan dan makanan laut lainnya yang mengandung protein tinggi.
  2. Melindungi pantai dan penduduk dari hantaman ombak dan arus.
  3. Sumber penghasilan bagi nelayan (tangkapan ikan).
  4. Kekayaan pariwisata bahari yang berdaya jual tinggi (memancing, menyelam, snorkeling).
  5. Sumber kekayaan laut yang bisa digunakan sebagai obat-obatan alami.
  6. Sebagai laboratorium alam untuk pendidikan dan penelitian. 
Nah banyak sekali bukan manfaat dari terumbu Karang bagi kehidupan manusia ataupun kehidupan laut itu sendiri, makanya aku miris banget ketika mendengar berita tentang pengeboman terumbu karang dan hal sejenisnya, itu perbuatan yang sangat tidak bertanggung jawab dan juga menghancuran keindahan dasar laut yang terbentuk secara ratusan tahun, Mari kita sama-sama jaga Kehidupan di dasar laut di daerah kita, Sampai di sini dulu ya artikel kali ini, baca juga artikel sebelumnya yang telah kami berikan pada kesempatan lalu yakni Manfaat Buang Rosella
Rating: 4.5