http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Saturday 15 March 2014

Manfaat dan Fungsi Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin K Untuk Tubuh - Vitamin K merupakan vitamin yang bersifat tahan panas namun vitamin ini akan segera rusak apabila terpapar senyawa asam, basa dan sinar matahari. Vitamin K ini termasuk kedalam vitamin yang tidak dapat larut dalam air namun vitamin ini hanya dapat larut kedalam jaringan lemak dan banyak terdapat dibagian jaringan perut dalam tubuh manusia.vitamin K dibutuhkan untuk mengaktivasi protrombin dengan reaksi karboksilasi gugus Glu pada residu protein prekursornya. Asam glutamat yang mengalami reaksi karboksilasi akan berubah menjadi asam karboksiglutamat gamma.

Manfaat Vitamin K
Ilustrasi Vitamin K

Vitamin K Mempunyai pernana yang sangat penting untuk tubuh kita karena Vitamin ini memberikan kurang lebih 80 nutrisiyang dibutuhkan oleh tubuh ini, slah satunya yaitu mineral, antioksidan dan masih banyak lagi. Vitamin K ini sangat Bermanfaat Untuk tubuh kita seperti halnya Vitamin B, salah satu manfaaatnya yaitu untuk membantu penyerapan kalsium yang berasal dari makanan sehingga hal ini berarti bahwa Vitamin  K ini sangat membantu dlam pembentukan dan perawatan tulang yang baik, tidak hanya itu Vitamin K masih mempunyai banyak Manfaat lagi untuk tubuh kuita antara lain yaitu:

Fungsi Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh
    1. Mengontrol Pembekuan Darah
      Karena salah satu fungsi Vitamin K dalam tubuh yaitu untuk membantu dalam peroduksi prothrombin, yakni suatu protein plasma yang diproduksi di hati dan diubah menjadi trombin yang sangat penting untuk pembekuan darah sehingga jika kita kekurangan vitamin k ini makan kita bisa kehabisaan darah saat tubuh kita terluka.
    2. Menurunkan Resiko Penyakit Osteoporosis
      Vitamin K ini akan membantu senyawa osteokalsin yang berperan dalam penyerapan mineral untuk membentuk struktur mineral yang kuat. sehingga dapat menurunkan  resiko terkena osteoporosis yakni suatu kondisi dimana tulang menjadi lemah dan rapuh dan biasanya para ibu-ibu yang sudah lanjut usia yang terserang prnyakit ini, sehingga untuk menghindari penyakit ini menyerang kita dimasa tua kita harus belajar untuk mengonsumsi makanan yang banyak mrngandung Vitamin K ini.
    3. Mencegah Kalsium Berlebihan
      selain lemak yang bisa mengeras ,pembuluh darah jugabisa mengeras dengan penumpukan kalsium,kondisi inilah yang dikenal dengan kalsifikasi, dan vitamin K ini mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya kalsifikasi ini yang akan mengurangi munculnya penyakit kardiovaskular.
    4. Mengobati Penyakit Diabetes
      Menurut Survai sebuah buku ternama yakni Diabetes Care.Vitamin K ini termasuk kedalam vitamin yang tidak dapat larut dalam air namun vitamin ini hanya dapat larut kedalam jaringan lemak dan banyak terdapat dibagian jaringan perut dalam tubuh manusia dapat mengurangi risiko resistensi insulin sehingga membantu melawan diabetes.Melalui mekanisme yang sama, vitamin K dapat memperlambat proses pembentukan sel kanker di hati dan paru-paru.
Jika kita ingin mempunyai tubuh yang sehat dan kuat saat ini maupun saat tua nanti kita harus banyak mengonsumsi sayur dan buah yang sehat dan juga banyak mengandung vitamin antaranya yakni vitamin K. Kita bisa mendapatkan sumber vitamin K dari sayuran hijau, seperti bayam, katuk, kol, selada, dan brokoli dan makanan yang telah difermentasikan seperti keju,keju ini memiliki kandungan vitamin k yang cukup banyak sedangkan dari buah-buhan anda bisa mengkonsumsi buah kiwi dan buah alpukat. Nah Baca Juga Artikel sebelumnya Yakni Manfaat Vitamin A
Rating: 4.5